Selasa, 31 Mei 2011

Hal-hal yang berkesan di semester 4


Akhirnya berakhir juga semester 4 ini. Hari ini adalah kuliah terakhir di semester 4. Meskipun harus dibayar dengan perjuangan yang lumayan berat, lembur bikin media belajar sampai jam 2.30 pagi. Alhasil, paginya berangkat kuliah dengan mata panda hahaha tapi ternyata gak cuma aku, temen-temen yang lain juga lembur sampai pagi. Senasib seperjuangan yak….

kesibukan para Areg PIPA @sekret HIMA
 Nah, gambar di atas itu adalah saat-saat para Areg PIPA meneruskan tugas membuat media @sekret HIMA IPA. Semua orang sibuk dengan medianya masing-masing.

Berhubung hari ini adalah hari kuliah terakhir di semester 4, mau review sedikit apa aja yang uda dilakuin and didapetin selama satu semester ini. Di semester ini aku merasa lebih rajin dari semester sebelumnya. Rajin belajar dan mengerjakan tugas pastinya haha... Bukan, bukan itu kok. Aku merasa lebih rajin dalam hal bertanya aja, entah dalam diskusi presentasi atau apalah itu. Alasan utama mungkin bukan untuk mencari nilai ataupu menacri muka, aku cuma ingin membiasakan diri untuk berbicara di depan orang banyak. Aku emang mempersiapin diri untuk itu karena tahun depan udah KKN PPL, kalo gak biasa ngomong di depan orang banyak, bisa mati kutu aku ntar di depan anak-anak SMP waa bisa runyam urusannya.

Hal yang berkesan di semester ini salah satunya adalah aku diajar oleh seorang dosen yang sampai di detik ini aku kagumi. Sudah beberapa kali aku menulis tentang beliau ini, cuma belum aku posting di blog ini, beliau adalah bu Insih Wilujeng. Kepribadian beliau yang baik, pintar, ramah, cara mengajar yang menarik serta bersahabat dengan mahasiswa-mahasiswanya itulah yang membuatku mengagumi beliau. Subhanallah, hampir tidak percaya bisa diajar oleh Dosen seperti beliau.

bu Insih Wilujeng

Dosen lain yang memberikan kesan yang baik pada pertemuan yang pertama, beliau adalah Mr. Slamet, dosen Astronomi baik teori maupun praktikum. Beliau orangnya tegas dan berkomitmen tinggi. Disiplin yang beliau ajarkan kepada kami (AregPipa) dimulai dengan adanya aturan dimana terlambat 10 menit saja maka tidak diperkenankan mengikuti kuliah beliau. Dan hebatnya beliau juga menjunjung kedisiplinan yang tinggi, selalu hadir tepat waktu, jam 7 pagi tet. Berkat beliau aku dan teman-teman mengerti dan dapat melihat contoh-contoh  teropong serta cara membuatnya dengan bahan-bahan yang sederhana seperti pipa paralon dan kertas karton. Yang paling membuatku berkesan adalah beliau mengapresiasi hasil karya-karya mahasiswanya, mulai dari peta bintang, peta bola langit sampai teropong sederhana yang malam ini aku gunakan untuk melihat bintang-bintang di langit. Subhanallah, mengagumkan sekali beliau ini.
Mr. Slamet

Dosen-dosen ilmu lingkungan yang terdiri dari 3 orang, masing-masing dari beliau mempunyai karakteristik yang unik. Dosen pertama, Mr Kirman yang sering sekali bercerita tentang isterinya yang bawel. Entah itu sekedar cerita atau malah curhatan, hanya beliaulah yang tahu. Dosen yang kedua adalah Mr. Putu. Beliau ini cerdas sekali dalam mengajarkan mata kuliah ilmu lingkungan, karena langsung dikaitkan pada realita yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dosen yang terakhir adalah Mr. Senam, orangnya lucu dan ramah. Sekilas dari posturnya, mirip dengan presiden SBY. Gaya mengajarnya yang kocak membuat kuliah tidak boring dan berasa hidup. 

Dosen IPA 2, praktikum IPA 2, TIK, she's mrs. Asri Widowati. Beliau juga termasuk salah satu dosen yang aku kagumi karena cara mengajarnya yang tegas dan cerdas sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Ditambah lagi, akhir-akhir ini, aku menemukan sisi lain dari beliau yang ternyata care dan bersahabat dengan beliau. Di sela-sela mengajar beliau juga sering memberikan motivasi-motivasi, juga bercerita mulai dari teman sampai keluarga. Tidak jarang juga beliau bercerita tentang suami yang sangat dibanggakannya, cerita beliau ini membuat ku menjadi iri, jadi pengen cepet-cepet punya suami hehehe.... Suami yang sholeh seperti suaminya bu Asri tentunya. Amin

Hal lain yang berkesan adalah semester ini aku masuk dalam kepengurusan HIMA IPA 2011 memegang jabatan sebagai staff Jurnalistik. Amanah yang aku terima  tentu saja tidak mudah, banyak kendala-kendala, kritikan-kritikan bahkan cemoohan. Banyak pengalaman juga dalam hal kepanitiaan. Di SCF (Science Competition Fair) kemarin aku memegang amanah sebagai staff PDD, tapi realitanya aku tidak hanya menjadi PDD, tapi juga sebagai humas, sponsorship, dan KSK. Alhamdulillah amanah di SCF kemarin sudah aku laksanakan dengan baik. Ada amanah satu lagi yang aku emban saat ini, sebagai Koord PDD di dalam kepanitiaan SIPMA. Perlu kerja keras dan juga kerja cerdas. Semoga aku dapat menjadi koord yang baik yang dapat menjalankan amanah dengan baik pula. Amin :)

Yap, cekap semanten, udah malem, yang laen udah pada bobok. Berhubung malam ini aku nginep di kosan Din di Samirono buat ngamatin bintang secara kelompok, aku tidur dengan mereka juga. Uda pada capek begadang nungguin bintang yang gak nongol-nongol, malu mungkin ya. Lanjut besok habis subuh, kita bakalan menghadang planet mars dan Yupiter. Semoga dapet lah, biar cepet kelar tugasnya. Malam ini tadi udah bisa ngamatin Saturnus pake teropong sederhana hasil buatan kita. Nih dia penampakannya.
teropong karya kita

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar