Minggu, 31 Juli 2011

‘Masa Kecilku’sebuah otobiografi Sudharmono, SH


Buku ini ditulis oleh Bapak Sudharmono, S.H. setelah beliau selesai menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden Indonesia. Beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia periode 11 Maret 1988-11 Maret 1993 menggantikan Umar Wirahadikusuma. Beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara ke-3 pada periode 28 Maret 1973-21 Maret 1988.



Di dalam buku ini, Pak Mono mengisahkan tentang masa kecilnya yang begitu mengesankan dan penuh perjuangan. Beliau yang lahir pada 12 Maret 1927, sebagai anak ketiga dari Soepijo Wirodirejo (ayah) dan anak ketujuh dari Raden Nganten Sekarsi (ibu), sudah menjadi yatim piatu sejak berumur tiga tahun. Sang Ibu wafat ketika melahirkan adik laki-lakinya, 6 bulan kemudian sang ayah menyusul wafat pada tahun yang sama. Dalam usia 3 tahun tersebut beliau bersama kedua kakaknya, yaitu mbak Siti dan mas Sunar diasuh bergantian oleh keluarga dari ayah dan ibunya.

Saat beranjak remaja beliau menjadi anggota TKR (Tentara Kemanan Rakyat). Sejak saat itu beliau mengikuti pendidikan umum dan kemiliteran yang diberikan oleh negara dan TNI AD. Di akhir bukunya tertulis kata-kata dari beliau yang begitu menginspirasi untuk saya, "Saya yakin dengan tekad dan kemauan kerja keras, keuletan, dan kejujuran, setiap warga negara, khususnya kaum muda, InsyaAllah akan dapat menangkap peluang untuk mencapai kemajuan, kesempatan yang sangat luas yang diberikan oleh alam kemerdekaan.

2 komentar:

  1. Udah pernah baca ini dulu. Otobiografi yang lumayan bagus.

    BalasHapus
  2. huum bang, aku baca pertama kali pas SD trs pas SMA kmrn2 tiba2 pgn baca lagi. stlh beberapa tahunnyari akhirnya dpt jg di perpus UNY hhe, cukup menginspirasi..

    BalasHapus