Jumat, 27 Mei 2011

Kejaiban datang di saat tak terduga

Alhamdulillah, Subhanallah itulah kata-kata yang berkali-kali ku ucapkan hari ini. Why???

Begini ceritanya, kestressan ku tentang sertifikat, spanduk, uang dan lain-lain yang ku ceritakan dalam postingan sebelumnya, berbuah manis manis pada hari ini. Pagi hari saat berangkat kuliah, dengan kondisi badan yang kurang fit lantaran beberapa hari begadang ditambah stres mikirin masalah-masalah yang bertubi-tubi menyerangku. Di jalan saat naik motor aja aku kadang melamun, ini hal yang aku takutkan, takut kalo tiba-tiba nabrak atao jatuh.

Sesampai di kampus sekitar setengah 8 lebih, di sana temen-temen satu kelompok udah pada ngerjain LKs, jadi gak enak karena gak ikut ngerjain dan karena aku Cuma ”urun” foto ma cover LKS. Yap, LKS baru aku edit tadi pagi, itu pun Cuma nambahin foto ma bikin cover, judul dan isi Cuma beberapa persen yang aku utak-atik. Maafkan aku teman-teman (zam, duria, nita, mb ris) aku pusing dan capek, gak bisa konsen, semalem langsung tidur saking capeknya.

Setelah bikin LKS, langsung kuliah PPD, kuliah tambahan sih, ikut review sampe jam setengah 12. Abis kuliah langsung makan di soto rembang karena di ajak fina, din erly dan nita. Sebenarnya agak mikir-mikir mau makan di sana, alasannya karena lagi butuh uang dan di sana paling gak makan habis 7rebu. Tapi akhirnya ngikut juga. Satu hal yang berbeda yang aku rasakan siang itu, aku merasa mereka sangat bahagia, bercanda sepanjang jalan, tertawa-tawa bercanda. Aku tau apa penyebabnya, karena kuliah minggu ini uda berakhir, mereka sama-sama stres kaya aku, tiap malem harus begadang demi tugas-tugas yang menumpuk. Ho’o to cah????


Sepulang dari makan, langsung capcus ngeprint cocard. Awalnya pinjem laptop sana-sini tapi gak ada yang nganggur. Akhirnya dengan terpaksa pake komputer hima yang penuh dengan virus, terpaksa mengorbankan flashdisk kesayangan. Tapi, ni komputer malah lemot banget waktu dipakai, ditambah lagi corelnya portable, keberatan dikit aja langsung not responding. Di close, buka lagi, keberatan lagi, not responding, di close, begitu seterusnya sampai hampir jam 3 gak selesai-selesai. Lama-lama bikin emosi juga, marah-marahlah jadinya. Dan, setelah marah-marah anak-anak hima lain baru ngerasa kasian, mereka rela meminjami laptopnya buat ngedit dan ngeprint cocard. Dasar... besok-besok marah-marah langsung aja deh biar langsung dipinjemi hehe...

Mak Nita yang setia denganku, meminjami laptopnya, mencarikan instalan print, menemani dan membantu mengunting. Wah pokok e mak e mak nyuss lah ahahaha. Alhamdulillah cocard lancar, walaupun gak bisa ikut dialog IPA, maaf temen-temen KESMA, bukannya gak mau ikut, tapi amanahku belum selesai waktu itu. Beberapa saat kemudian Epi datang dan membantu aku dan nita. Berhubung belum sholat, aku dan nita sholat dulu. Dalam sholat aku berdoa semoga diberi kelancaran untuk semuanya.

Setelah dari mushola, aku buka hp, ternyata dari mas akhmad
”de spanduk ma serftkatnya uda jd”
aku :”uda jdi semua sertfkatnya mas?”
mas akhmad :”Iya de, uda jd smua”
sedikit ada perasaan seneng, tapi di sisi lain juga nyesel. Kenapa kemarin sore gak mampir ke ugd, kalo mampir sana kan bisa pesen buat ambil sertfkat sebagian dan bisa di cap di rektorat siang ini. Jam 4an lebih aja uda jadi semua, kalo tadi siang di ambil sebagian pasti kan uda bisa. Ahhh rasanya nyesel banget, ngerasa goblok kenapa gak mau nyoba buat nglobi ke ugd kemarin. Dengan perasaan kecewa, aku sms sulis :”srftkatnya uda jdi smw ni. rektorat msh bk ga ya?”
Beberapa saat kemudian, sulis telepon
sulis:” asslamualaikum”
aku:”waalaikumsalam”
sulis:”mudt, sertfkatnya uda jadi smua?”
aku:”uda, barusan mas nya sms aku”
sulis:”rektorat masih buka?”
aku:”gak tau”
sulis:”la kata kamu tadi masih buka”
aku:”la, aku kan tanya sama kamu lis”
sulis:”ya aku coba ke sana dulu ya, sapa tau masih buka”
aku:”iya deh”
sulis:”assalamualaikum”
aku:”waalaikumsalam”
dengan sedikit optimis dan pesimis pastinya, karena ini kan hari Jumat, rektorat pastinya uda tutup dari tadi. Tapi gapapalah yang penting uda nyoba, daripada nyesel lagi.

Tiba-tiba hp bergetar lagi, sulis telepon lagi
sulis:”mudt, ternyata masih buka. Ini masih di tunggu sama bapaknya, kamu kesini aja”
aku:”beneran lis? (langsung sumringah) oke aku ke sana sekarang”
pusing juga saat itu karena uang yang aku bawa ternyata gak cukup. karena beberapa saat yang lalu ada yang bayar uang sumbangan ke hima dari anak inter yang dapet beasiswa, langsung aku pinjem dan kabur ke ugd. Naik motor ngebt sampe-sampe mbak-mbak yang naik beat di depan aku marahin karena belok-belok naik motornya. Pikiran jadi kacau lantaran ngebayangin bapak-bapak TU yang nungguin di sana pasti marah-marah karena lama banget nunggu aku.

Sampe di ugd
aku:”mbak, mau ambil sertfkat”
mbk1:”oh ya. ini sertfkatnya 110 , kemarin baru seratus trus kurang 160 ribu dtambah 10 srftkat lagi jadi kurang 180.”
aku:”loh, kok 110?? kan aku pesenya 105?”
mas akhmad tiba-tiba muncul
mas akhmad:”kenapa to?”
aku:”aku kemarin kan pesennya 105”
mas akhmad:”loh, lha emang ini berapa?”
mbk2:”kemarin pesenya 90 sama 20 kan?”
aku:”iya, 90 sama 20 jadinya 110. oh iya dink 110 hehehe (malu karena baru nyadar kalo salah) aku bawa serftkatnya dulu gimana? ini soalnya uda ditungguin di rektorat e. Ini aungnya kurang, ntar aku kesini lagi, spanduknya tar aja ambilnya.”
mas akmad;”yowis sana bawa aja dulu”
 aku langsung cabut menuju rektorat. Dan cobaan datang lagi karena hp ku mati dan gak bisa hidup. Gak tau tempat legalisir. Sebenarnya uda sms sulis, tapi begitu kirim sms hp ku langsung koit. Yauda lah akhirnya muter-muter rektorat di bagian utara, tanya sana-sini sama bapak n ibu-ibu yang kerja di rektorat
aku:”bu tempat ngecap sertifikat dimana ya?”
ibu:”di TU mbak. Tapi uda tutup sejak jam setengah 2 tadi”
aku:”tapi ini tadi katanya ditunggu sama bapaknya”
ibu:”oh berarti ditungu sama pak darto, di sana mbak, lewat sini aja”
aku:”terimakasih bu”

aku lari ke tepat yang ditunjuk ibu itu. Ada seorang lelaki berbaju putih sedang berjongkok di depan sana, awalnya ragu-ragu mau tanya sama lelaki ini karena bingung, dia itu pegawai atau mahasiswa .
aku:”mas tempat buat legalisir dimana ya?”
mas;”legalisir apa mbak?”
aku:”legalisir kaya sertifikat semnas gitu”
mas;”di dalam coba (sambil menunjuk ke dalam)”

seorang bapak keluar dari dalam ruangan
aku:”pak, mau ngecap sertfkat dimana ya?”
bpk:”cap apa mbak?”
aku:”cap rektorat pak (gobloknya keluar di saat panik haha). dimana ya ngecapnya pak?”
bpk:” cap buat apa?”
aku:”buat sertfkat gitu pak”
bpk”ya butuhnya cap apa?”
aku:cap rektorat pak, eh rector.”
bpk:”itu mbak di cap sendiri di dalam”
bapaknya berlalu, aku masuk ke dalam ketemu bapak-bapak lain lagi.

aku:”pak mau ngecap sertifikat”
bpk2:”cap apa mbak?”
aku:”cap rector yang buat sertifikat”
bpk2:”mbaknya dari mana?”
aku:”hima ipa”
bpk2:”kalo cap rektor biasanya itu langsung dari rektor.”
aku:”Cuma cap doank pak. ini tadi temen saya bilang kalo masih bisa ngecap, sekarang dia nungguin saya, aku gak tau tempatnya dimana, hp saya mati gak bisa sms dia”
bpk2:”oh berarti di TU mbak. tempatnya sama kaya gini tapi di sebelah sana, (menunjuk arah selatan)”
aku:”oh di sana pak? makasih ya pak. aku gak tau tempatnya sih”
bpk2:”tanya temennya aja mbak. di telepon aja”
aku:”hp saya kan mati pak, jadi gak bisa telepon” pikirku ni bapk2 konyol banget, uda dibilang hp mati malah suruh telepon, pake apa coba??

akhirnya lari menju ke selatan, dan kudapati ruangan yang masih buka dan menyala lampunya, di atasnya terpasang plang coklat bertuliskan ”Subag Tata Usaha”. Alhamdulillah, lega rasanya, apalagi ku dapati bapak-bapak sedang berada di depan komputer saat itu, juga dari pantulan pintu kaca terlihat jilbab coklat milik sulis.
aku:”asslamualaikum”
sulis+bpk yg jg:”waalaikumsalam”
langsung sumringah dan lagi-lagi mengucap rasa syukur.
aku:”maaf sulis, hp ku mati, aku gak tau ruangannya”
sulis:”iya gapapa. alhamdulillah ya”
aku:”iya, akhirnya. alhamdulillah banget”
sulis:”pak ini capnya yang mana?”
bpk yg jga:”yg disitu mbak”
kulihat bapak yang jaga ramah sekali melayani kami, rela menungguku demi mengecap sertifikat2 itu. Jauh dari yang kubayangkan, seorang lelaki tua seram yang galak dan akan memarahiku karena lama sekali aku sampai di rektorat.

akhirnya selesai juga proses mengecap itu
aku+sulis:”bapak, akasih bapak. maaf ngrepotin, terimakasih uda mau nunggu”
bpk yg jaga:”iya mbak, sama-sama.”
ya Allah bapak itu baik sekali. Allah akan membalas kebaikanmu ini pak

Gak nyangka, keejaiban itu datang di saat tak terduga, di saat aku sudah putus asa. Kemarin yang awalnya mau mampir ke ugd buat pesen biar sebagian sertifikat bisa diambil, gak aku lakuin. Aku rasa, gak bakalan bisa sertifikat itu jadi hari Jumat ini juga. Udah putus asa, saking stressnya malah nongkrong di puskom, ngenet-ngenet gak jelas, buka fb dan blogging nulis tentang percakapan dengan bu Asri kemarin. Pulang abis magrib, di jalan saking stresnya juga ngalamun, pikiran lari kemana-mana. Huft, beratnya beban yang aku rasakan sore itu membuatku seperti orang stres beneran. Di rumah nonton tv, mata liat layar tapi pikiran entah kemana, mikirin masalah-masalah itu.

Hari ini, Allah telah memberikan pertolongan, memberikan keajaibaNya di saat yang tidak terduga. Terimakasih ya Allah, dengan ini semua tugasku selesai. Cocard, sertifikat beres. Ya Allah, terimakasih 

Pelaaran yang bisa diambil hari ini :”mencoba itu lebih baik daripada menyesal nantinya, meskipun gak tau apa yang bakal kita dapetin, yang penting adalah mencoba dan berusaha, pasrahkan semua pada yang Di Atas


2 komentar:

  1. jangan pake kata "Di Atas", kurang eksplisit. nek ditanyain "siapa yang di atas?" jawab e apa hayo? :p

    BalasHapus
  2. Iya, terimakasih buat masukannya :D

    BalasHapus