Senin, 18 April 2011

Acara-acara sampah di TV yang tidak mendidik

"Apa kamu? Berani sama bos? Ambil gak?"
"Gak. Cuih sory ya"
"Aku itu bos kamu, ambil gak?"
"Trus kalo kamu bos trus seenaknya gitu nyuruh ini, nyuruh itu bla bla bla bla....."
(Jeng..jeng... jreennng.... )>>>>ditambah backsound yang di lebay-lebaykan


Acara tv saat ini tidak lain hanyalah sampah, ya isinya hanya sampah. Sampah yang dijual dengan cara membodoh-bodohi masyarakat demi rating tinggi, demi uang coy. Jujur, aku sekarang ini jarang banget liat tv, selain gak ada acara yang bermutu, aku rasa cuma buang-buang waktu aja liat tv sekarang ini.


Mari kita cek satu persatu, mulai dari REALITY SHOW. Awalnya kemunculan program reality show emang bagus, ceritanya masuk akal dan bisa buat bahan pembelajaran. Tapi kalo sekarang ini dibilang bagus, masuk akal, dan bisa buat pembelajaran, SALAH BESAR. Kenapa? Masih tanya juga, liat aja sekarang ini reality show mana yang ceritanya masuk akal? Katanya sih nyariin orang tapi harus dihubung-hubungin dengan hal-hal mistik. Ceritanya sih orangnya bejat, tapi dalam waktu beberapa hari bisa insaf karena bantuan tim relity show tersebut. Kalo emang bener sih Alhamdulillah, penghuni bangsa ini makin banyak yang kembali ke jalan yang benar. Tapi, coba di logika, setiap acara itu pasti berhasil dan kayaknya gampang banget nyadarin mereka bahkan yang sudah tergolong 'parah'. Yah, kalo gitu mah, buat benerin orang-orang, preman-preman, perampok-perampok bahkan para koruptor yang notabene adalah perambok uang negara serahin aja ama tim ini, siapa tau dalam waktu beberapa hari bisa sadar dan ngembaliin uang negara yang bermilyar-milyar itu. 


Kemudian ada juga acara reality show yang memfasilitasi mencari sanak sodara yang ilang. Dalam kurun waktu beberapa hari, orang yang ilang itu bakalan ketemu, entah lagi melamun, entah lagi belanja, entah lagi mau nyebur bunuh diri ke pantai, gak jelas banget. Dan gak tanggung-tanggung, nyarinya aja bisa sampe nyebrang pulau, naik pesawat, nginep di hotel. Enak banget ya, besok-besok kalo ada TKI yang ilang dan gak bisa ulang, ikutan reality show ini aja, kan enak ada yang bayarin naik pesawat, nginep di hotel, masuk tv lagi. Kalo boleh usul, polisi kalo nyari perampok ato napi yang kabur, pake acara ini aja, dijamin bakal ketemu dalam beberapa hari ini, gak usah repot-repot pake anjing pelacak segala.


Ada juga reality show yang acaranya ngehipnotis orang gitu, yang mengherankan, kenapa setiap orang yang dihipnotis selalu ceritanya kaya gitu? Selingkuh lah, suka sama temen lah, ngata-ngatain tetangga lah, gejenya hidup ini. Aku baca di kaskus, kalo reality show ini hoax, tau deh hoax apa kagak, yang pasti eneg aja liatnya, ceritanya gitu-gitu doank. Dulu, aku pernah kepikiran, kenapa gak pake acara ini aja kalo buat ngorek-orek maling yang kagak mau ngaku, gampang kan, dihipnotis bentar, bis itu dia bakal ngaku sejujur-jujurnya.


Selain reality show, akhir-akhir ini Infotainment makin menjadi-jadi aja. Norak. Kenapa aku bilang norak? Ya karena berita yang awalnya gak penting jadi dipenting-pentingin seolah-olah seluruh penjuru dunia wajib tau. Misalnya aja berita yang lagi hot-hotnya tentang Briptu Norman. Awalnya dia cuma iseng lipsinc lagu india, trus jadi terkenal, di undang nyanyi ke sini lah, ke sana lah, padahal suaranya pas-pasan banget. Berbagai kalangan artis dimintai pendapatnya tentang Norman ini, ada yang bilang "ya cukup berbakat", "bagus, kretif", hyaa kaya gitu dibilang berbakat, bayi 3 bulan aja bisa. Tuh para artis sebenernya eneg bilang kaya gitu, gak penting banget kaya gitu ditanyain kaya gak ada yang lebih penting aja, tuh negara masih banyak yang perlu diurusin. Dan lebih gobloknya lagi, karena kemarin Jumat ada kasus bom meledak di masjid Polri trus dikait-kaitin sama kedatangan Briptu Norman, penting apa yak??? Dan yang paling buat ak heran, kenapa hanya gara-gara lipsinc kaya gitu bisa-bisanya dapet motor dan beasiswa. Kampusnya cari muka atao cari nama?? Lihat donk, masih banyak orang-orang yang notabene pinter dalam hal akademik, yang lebih cerdas, tapi apa, mereka gak pernah punya kesempatan, gak pernah dikasih beasiswa plus bonus motor. Ini yang cuma goyang-goyang gak jelas, bisa dapet, yah mungkin uda rejekinya dia kali.


Sinetron, kenapa aku benci sekali sinetron??? Sinetron sekarang beda jauh sama sinetron jaman aku kecil dulu. Sinetron sekarang terlalu lebay, ceritanya dibuat-buat, gak natural. Sinetron yang pemainnya pake baju-baju gamis tapi isinya marah-marah, cerita kehidupan rumah tangga isinya cuma dendam kesumat rebutan warisan, cerita anak muda yang ditampilin cara hidup mewah, ke sekolah pake mobil, saingan harta, rebutin cowok, hangout, clubing, hambur-hamburin duit, mana nilai edukasinya??? 


Terakhir yang bikin geram adalah acara yang dialognya ada di atas tuh. Acara yang isinya cuma bentak-bentakan, musuh-musuhan, konflik dan apalah itu, gak jelas banget. Dan kita, disuguhi untuk menonton mereka berakting seperti itu (katanya sih murni, bukan skenario). Emang mereka siapa? Artis bukan, Pejabat juga bukan. Trus disuruh dukung lewat sms, ajee gile eman-eman pulsane cuy. Yah, emang sih, kalo gak ada konflik dan tentram nyaman gak bakalan seru tuh acara. Tapi ini kan mengajarkan cara hidup yang tidak baik, tidak ada kedamaian dan kasih sayang di antara sesama.


Inilah acara-acara sampah yang mengisi dunia pertelevisian kita. Siap meracuni dan menjadikan pikiran kita menjadi sampah juga. 


#Maaf jika ada yang kurang berkenan, tulisan ini mungkin dibuat dengan sedikit emosi lantaran acara-acara tersebut telah membuatku ingin muntah selama ini.

3 komentar:

  1. saya sangat setuju!!betul gan!!

    BalasHapus
  2. mari hancurkan acara-acara sampah itu, percuma ada KPI kalo tayangan di tv masih kaya gini

    BalasHapus
  3. Saya Sangat Setuju 101%
    Terlaknatlah mereka

    BalasHapus