Selasa, 21 September 2010

Belajar kehidupan dari mbah mangun

Pagi ini sungguh sangat menyebalkan, udah telat kuliah, eh nyampe sini gag ada kuliah lagi. Kayak sekarang ini, harusnya kuliah statistika malah kosong, alhasil malah pada FB-an deh satu kelas.

Iseng2 aku buka kaskus, nemu trit yang bikin nangis, bener2 nangis nih. Oke q copas aja lah tritnya

Adalah seorang "Mbah Mangun", si penjual kentongan di pojokan jalan stadion Kridango Salatiga.

Hari Senin ane lewat, terlihat kentongan yang masih berwarna hijau segar (mungkin barusan dibuat ama dia).
Selasa..
Rabu..
Kamis..
Jumat-nya gw lewat, masih ada kentongan yang sudah berwarna coklat berlumut kehijau2an karena terpapar panas dan hujan..
(Ane pikir: Gila, udh hampir seminggu kaga ada yg laku...)



Hari Sabtu ane coba brenti, nanya tu harga kentongan brp duit (padahal jg ga butuh kentongan..) dan si mbah sedang duduk di trotoar sambil komat-kamit mulut-nya (ane rasa dia sedang berdoa, berdzikir gitu, krn sambil pegang gelang tasbih kecil yg udh butut)

Ane : Mbah, harga kentongan 1 biji brp?
Mbah : Silakan, ada banyak, silakan dipilih.. (kok ga nyambung ya pikir gw)
Ane : (mengulang lagi) Mbah, harganya berapa?
Mbah : Ooh iya, memang udah agak lumutan, nanti mbah bersihin bisa kok.. (waw, udah rada ga jelas ni pendengaran-nya)
Ane : (dengan suara sedikit keras dan coba mendekatinya) Mbah, rumahnya dimana?
Mbah : (bangkit berdiri dengan susah payah dan mengajak ane salaman) Oooh, di daerah Jaten
(red: Jaten itu kira2 5-6 km dari TKP)
Ane : (membalas salaman dr si mbah.. ternyata seluruh badan-nya gemetaran..) Harga kentongan berapa mbah? (sambil tetep rada kenceng ngomongnya...)
Mbah : 1 biji 5 ribu aja, masih boleh ditawar kok..
Ane : (masih penasaran aja) Mbah dari rumah naik apa kesini?
Mbah : Ya naik angkot kalo ada uang, kalo ga ada ya jalan kaki.. soalnya 1x jalan 4 ribu kalo naik angkot.. (Gilee, ane jalan 1 km aja udh ngos2an..)
Ane : Ya udah mbah, saya ambil kentongan-nya 2 ya.. (sambil serahin duit 10rb, tapi kentongan ga gw ambil.. berasa kasian aja gitu..)
Mbah : Lho, ini kentongan kok ga diambil? jangan gitu, mbah jual barang ya silakan diambil barang-nya
Ane : (rada malu juga nih..) Ya udah mbah, nanti sy ajak temen buat ambil kentongan-nya, nitip dulu disini deh, susah kalo bawa sendiri (ane boong krn emang ga mo ambil kentongan-nya)
Mbah : ya sudah, mbah tunggu ya.. beneran lho nanti diambil.. biasanya mbah sampe jam 3 sore disini..
Ane : baik mbah, permisi dulu ya mbah..

Dan ane berlalu dan sedikit puas krn bisa "boongin" tu mbah dan ga ambil kentongan-nya..
Sampe sore hari-nya, sekitar jam 5-an, ane lewat lagi tu jalan..
Eeeh.. si mbah masih ada disitu.. ane berasa aneh aja, krn dia bilang kan sampe jam 3 biasa udah pulang..
Akhirnya ane brenti jg krn penasaran..

Ane : Lho mbah, kok belum pulang?
Mbah : Nah ini dia, ditungguin dari tadi kok ga dateng.. ini kentongan-nya diambil ya..
Ane : Jadi mbah nungguin saya ambil kentongan?
Mbah : Lha iya.. kan tadi katanya mau ambil kentongan.. kalo mbah tinggal pulang kan sama aja mbah bohong..

Ane bener2 speechless.. kaga tau musti ngomong apaan.. dada ane nyesek abis.. nyesel abis2an krn td siang "boongin" si mbah..

Tanpa bisa ngomong apa2, ane mutusin untuk anterin si mbah pulang..
Ane : ya udah mbah, sy ambil kentongan-nya.. sekalian sy anter mbah pulang deh..
Mbah : wah, ga usah.. jauh lho.. jam segini mungkin masih ada angkot kok.. tadi kan dapat uang 10 ribu, bisa buat naik angkot pulang nanti..
(Makin nahan nangis aja ane denger kata2 itu..)

Akhirnya dengan beberapa "ngeyel" berikutnya, ane berhasil bujuk si mbah untuk ane anter pulang ke rumahnya.. dan si mbah masih maksa ane untuk bawa 2 kentongan itu..

Setelah sampai di rumahnya, ane terpana liat rumahnya.. yang bener2 diluar bayangan ane.. (sayang ane ga ambil foto rumahnya)

Saat pamitan, ane kasih salam lagi (tangan kanan salaman, tangan kiri ane pegang lengan atas si mbah biar terkesan salam hangat)..
Eeh, si mbah kok meringis kesakitan, dan badan-nya bergetar makin kenceng.. Ternyata dulu dia pernah ditabrak motor, dan lengan kiri-nya pernah patah tapi ga pernah dirawat di RS, bagian pinggul juga agak retak sehingga untuk berdiri aja si mbah udah bergetar abis2an gitu..

Nah, sampe disini kisah ane..
Agan sekalian mari kita introspeksi bersama.. betapa mudahnya kita "buang" duit 10 rebu, buat beli rokok, buat makan "mewah", buat ini.. buat itu..
Di sisi lain kehidupan kita masih ada juga orang2 yang buat berdiri, buat jalan, bahkan buat ngomong aja udah susah di sisa hidupnya yg udah ditelan kerentaan..









 



siang nya ane bawa temen gan,,biar ada saksi..sekalian jd penerjemah..soalnya ane ga bs bhs jawa alus...
mbah mangun cerita2 kalo beliau udh remaja waktu jaman jepang,,cerita soal keluarga nya,cerita macem2 gt sampe ga terasa 1 jam lebih ngobrol2 di tmpt jualan mbah mangun...beliau jg cerita,,seneng banget hr ini (sabtu,18 september 2010) bnyk banget yang ngasih rejeki...kentongan bambu nya jg laku banyak..beliau ngasih liat duit sumbangan dr orang2 (sekitar 300rb gann..)
 
ternyata mbah mangun tinggal di daerah SRATEN (bukan jaten)... beliau jualan dr pai sampe jam 3 sore biasanya...buat jalan / berdiri badannya udah susah,,makanya sekarang naek angkota... PP Rp.8000,- (2x naek angkot dr rumah). Mbah mangun jg cerita kalo dia punya ini,,punya itu....(asumsi ane ma temen ane ya dia berarti bukan orang yang susah scr ekonomi)
beliau cerita pny 2 anak (maaf, anak tiri) dr istrinya yg sekarang. Mbah Mangun merasa lebih diperhatikan di "jalan" drpd di rumah sendiri, mgkn itu jg sebabnya mbah mangun lebih suka berjualan kentongan drpd mengisi waktu tua nya dgn di rumah,,
yg ada di benak ane ma temen ane "masalah ekonomi bukan faktor utama beliau berjualan kentongan,,tetepi lebih karena masalah keluarga"
beliau dengan semakin sering nya beliau "diperhatikan" di jalan,
dia akhir perbincangan kami coba merayu mbah mangun untuk istirahat 1 hari (minggu, 19 September 2010) agar kami bisa mengunjungi rumah beliau & tau keadaan yang sebenarnya. setelah awalnya menolak akhirnya mbah mangun setuju.

besok nya ane ma agan ady n decky nyari2 ke rumah nya,,,
sebelum pertigaan gajah tanya "rumah mbah mangun" sudah bnyk yg tahu..
akhirnya kami sampai drmh mbah mangun dan ternyata beliau tdk berada dirumah. yang ada hanya istri nya


setelah sedikit basa basi dan cari info tentang mbah mangun kami bertiga mencari mbah mangun ke tempat biasa beliau berjualan tp tidaka ada...

saat mencari mbah mangun,, kami melihat "mbah mangun-mbah mangun" lain
yang menurut kami mungkin lebih membutuhkan bantuan ekonomi ketimbang mbah mangun sendiri...

 


nenek ini mencari kayu bakar untuk masak di rumah nya daerah candi.
setelah ngobrol2 sebentar kita pustuskan u/ membagi sedikit "jatah" mbah mangun. kita kasih 100rb gan...ga tega, beliau jg udh tua, cari kayu2 bekas keliling salatiga jalan kaki.mg2 agan2/ sis berkenan.mohon maaf kalo kami lancang. setelah itu beliau ga berhenti2 berterimakasih

 
bahkan lebih parah dr mbah mangun..beliau selain pendengaran nya kurang...berbicara saja sulit..
berkeliling lapangan pancasila di usia seperti beliau pasti melelahkan, ditambah beban hidup...beliau asli banyudono - solo
di salatiga beliau "kos" ----> kunci kos selalu dikalungi
menurut mbah min,,bunga2 itu dibuatnya sendiri dan dijuala Rp.1000,-/ 3 tangkai
  
 

 

betul2 tergerak hati kami buat menyisihkan sedikit jatah mbah mangun kepada beliau...ya, 300rb kami berikan,, beliau lgsg bersujud syukur sambil menangis
rasanya ga tega ngeliatnya gan....


kemudian kami coba lagi mencari mbah mangun,,yah beliau yg sesungguhnya kami cari...akhirnya kami ketemu juga dgn mbah mangun di tambal ban "mas din" perapatan jetis




 Yah, hari ini aku belajar lagi tentang kehidupan. Terima kasih ya Allah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar